Info Populer 2022

Siapa Pemilik Dan Pendiri Indomaret, Ini Jawabannya

Siapa Pemilik Dan Pendiri Indomaret, Ini Jawabannya
Siapa Pemilik Dan Pendiri Indomaret, Ini Jawabannya

Kisah Sukses Sosok Pendiri Indomaret, Salah Satu Taipan Indonesia Berbelanja ke minimarket pasti telah dialami banyak orang. Hal tersebut alasannya minimarket memiliki banyak sekali produk rumah tangga yang anda butuhkan. Salah satu minimarket terpopuler di Indonesia yakni Indomaret. Indomaret berdiri dibawah naungan sosok pendiri Indomaret  yang terpopuler di tanah air, yakni Salim Group.





Salim Group sendiri didirikan oleh Soedono Salim atau Liem Sioe Liong yang ialah orang tiongkok yang merantau di Indonesia semenjak era penjajahan Belanda. Beliau sukses membuatkan banyak sekali perusahaan terkemuka. Hingga kini, perusahaannya masih dijalankan oleh putranya adalah Anthony Salim. 





Daftar Tulisan


Sekilas Tentang Indomaret





Indomaret ialah gerai minimarket yang dibentuk dengan sistem franchise oleh anak perusahaan Salim Group. Sejak tahun 1988 hingga tahun 2021 ini, Indomaret telah berhasil mengembangkan pangsa pasar penjualan produk rumah tangganya di 18.939 gerai di seluruh Indonesia.





Produk-produk yang dijualnya meliputi camilan/siap saji, minuman dalam kemasan, kosmetik, perlengkapan rumah tangga, obat-obatan, sayur dan buah-buahan, pembayaran elektronik, dan sebagainya. Hal ini memudahkan para konsumen untuk membeli produk dan melaksanakan pembayaran dalam satu kawasan dan satu waktu.





Visi Indomaret





Seperti perusahaan yang lain, Indomaret juga memiliki visi yang turut dikembangkan dari dulu hingga sekarang. Visinya ialah “Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggil dalam persaingan global. 





Makna dari visi tersebut bahwasanya Indomaret dikembangkan sebagai aset terbesar skala nasional. Dimana pengembangannya yaitu dengan cara membuka ritel-ritel dengan metode waralaba. Pelayanan terbaik selalu diberikan dari karyawannya terhadap para konsumennya. Hal ini mengakibatkan Indomaret selaku minimarket yang mampu bersaing secara global.





Sosok Pendiri Indomaret





Sudah banyak yang mengetahui bahwa sosok pendiri Indomaret adalah seorang konglomerat asal Tiongkok yang mampu menuai hasil di Indonesia. Beliau yaitu Soedono Salim (Liem Sioe Liong) yang lahir pada tanggal 19 Juli 1916 di Tiongkok dan meninggal di Singapura pada tahun 2012.





Di balik kesuksesannya, Soedono Salim memang ialah eksklusif yang gesit dalam pekerjaannya semenjak di usia belia. Awal rintisan kariernya, dia mampu mendirikan bisnis rempah-rempah dan juga tekstil.  Secara bertahap, Soedono Salim bisa mendirikan lebih dari satu perusahaan yang masih kokoh bangun hingga sekarang. Salah satunya adalah Indomaret.





Indomaret awalnya diresmikan pada tahun 1988 di daerah Ancol. Bangunannya masih berbentuktoko biasa. Mulai dari situlah, jejak Indomaret meningkat dari satu gerai di Jakarta, merambah hingga ke banyak sekali pelosok di Indonesia. Setelah Om Liem memasuki kurun renta, hingga meninggal di tahun 2012, Indomaret sekarang dipegang oleh putranya adalah Anthony Salim.





Penerus Indomaret





Anthony Salim atau Liem Hong Sien merupakan salah satu putra dari sosok pendiri Indomaret, Soedono Salim. Anthony lahir di Kudus pada tanggal 25 Oktober 1949. Berbagai cabang bisnis yang dulu didirikan oleh ayahnya sekarang dia lanjutkan bareng istrinya, Fransiscus Welirang. Akan namun, CEO Indomaret dikala ini bukanlah Anthony, melainkan dipegang oleh Sinarman Jonathan.





Berbagai penemuan yang dikembangkannya pada bisnis retail Indomaret ini mampu menciptakan keuntungan yang besar. Diketahui, pada tahun 2019 Anthony Salim tersorot oleh majalah Forbes mempunyai kekayaan higienis hingga 5,5 miliar USD. Hal tersebut karena bisnis yang dijalankannya tidak cuma menjangkau pangsa pasar setempat saja, tetapi hingga ke pasar internasional.





Kemudian, Indomaret yang diketahui penduduk bernaung di bawah anak perusahaan PT Indomarco Prismatama. Setelah diakuisisi oleh PT Dyviacom Intrabumi Tbk, Indomarco Primatama berubah menjadi PT Indoritel Makmur Internasional, Tbk yang mana berstatus menjadi induk perusahaan Dyviacom.





Konsep Bisnis Waralaba





Indomaret menjadi pelopor munculnya rancangan waralaba di bidang minimarket dengan penjualan produk rumah tangga di Indonesia. berawal di tahun 1997 yang mampu membuka 230 gerai minimarket, Indomaret secara bertahap mampu mendirikan ribuan gerai gres di banyak sekali kawasan, tidak cuma di DKI Jakarta saja.





Karena rancangan bisnis waralabanya yang popular di dunia minimarket, Indomaret sukses menyabet penghargaan selaku Perusahaan Waralaba Unggul di Tahun 2003. Indomaret juga memiliki rekanan dengan aneka macam mitra perjuangan. Diantaranya yakni usaha individual, badan usaha maupun koperasi.





Pendapatan Indomaret





pemilik Indomart




Tercatat dalam akumulasi pendapatan tahun 2020, Indomaret bisa menjangkau pemasukan hingga Rp15.86 triliun dari seluruh gerai Indomaret yang tersebar. Sementara keuntungan higienis yang didapatkannya sebesar Rp328.8 miliar yang juga akumulasi keuntungan tahun 2020 dari seluruh gerai Indomaret di Indonesia.





Penyebaran gerai Indomaret hingga bulan Juni 2021, tercatat tersebar di kawasan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Madura, Bali, NTB dan Maluku. Wajar saja, pendapatan dan laba sebesar tersebut dicapai Indomaret sebab nyaris 18.939 gerai di seluruh Indonesia mengalami peningkatan konversi pemasaran produk. 





Selain itu, teknik marketing juga dijalankan untuk menarik banyak pelanggan. Sehingga saban hari pun, gerai Indomaret tidak akan pernah mengalami sepi pemasaran. Salah satu inovasi pemasaran yang dikembangkan Indomaret adalah metode belanja online lewat webnya yang berjulukan klik Indomaret.





Sehingga selain customer mampu berbelanja di gerai fisik, anda juga mampu berbelanja lewat gadget anda secara online. Hal ini akan mempermudah para konsumen yang sedang tidak mau keluar rumah. Khususnya di animo pandemi ketika ini yang mana kegiatan luar rumah sungguh dibatasi.





Ciri Khas dan Karakteristik Indomaret





Setiap bidang perjuangan niscaya memiliki ciri khas dan karakteristik masing-masing. Seperti Indomaret, yang memiliki motto “Mudah dan Hemat”. Logonya pun berisikan komponen warna biru, merah, dan kuning. Dimana masing-masing warna mempunyai filosofi tersendiri yang mendeskripsikan perihal bidang bisnisnya.





Warna biru merupakan simbol yang mengakibatkan kehangatan, kematangan dan ketenangan dikala Indomaret melayani para customer. Warna merah ialah simbol keberanian sebagai pionir retailer yang unggul. Sementara warna kuning ialah simbol yang ceria dan nrimo dalam melayani customer.





Kemudian adapula maskot khas Indomaret yang bernama Si Domar. Si Domar sendiri digambarkan sebagai semut. Alasan dipilihnya semut sebagai maskot Indomaret alasannya semut mempunyai sifat yang bersungguh-sungguh, royal, ramah di lingkungan hidupnya. Selain itu, semut juga mempunyai koordinasi team yang baik. Begitu pula harapan yang diambil Indomaret dari sosok Domar tersebut.





Penghargaan yang Diraih Indomaret





Karena mempunyai jasa yang besar dalam menyebarkan bisnis retail di seluruh tempat Indonesia, Indomaret banyak dianugerahi penghargaan dari banyak sekali pihak.





  • Diawali dari penghargaan dari Presiden Megawati tahun 2003 selaku Perusahaan Waralaba 2003. 
  • Lalu ditahun 2009 masuk kedalam Top Franchise se-ASEAN.
  • Penghargaan ketiga yakni Indomaret masuk ke jajaran 250 Top Indonesia Original Brands tahun 2012.
  • Di tahun 2013 juga masuk lagi penghargaan berbentukFranchise Brand Awareness Survey, Franchise TOP of minds dan Social Media Award.
  • Hingga di tahun 2016, Indomaret juga mendapatkan penghargaan dari Presiden Jokowi berbentukPiala Waralaba 2016.




Itulah pembahasan tentang sosok pendiri Indomaret yang mampu anda pahami. Kesuksesan yang berhasil di raih oleh Soedono Salim adalah dengan satu kunci, adalah kegigihan. Apapun pekerjaan yang sedang kita lakukan, maka kita harus bersyukur, dan selalu kembangkan potensi alasannya kesempatan perjuangan senantiasa terbuka lebar. 


Advertisement

Iklan Sidebar